Searching...
Tuesday, March 18, 2014

DONDOM LAYAR


Pasti asing dengan istilah atau bahasa yang saya pergunakan dalam blog ini, jika terasa aroma kedaerahan dari banyak tulisan saya mohon maafkan. Karena saya berusaha menghadirkan 'ruh' masa lalu dalam artikel atau tulisan dalam blog ini.
Dondom Layar berasal dari dasar kata bahasa jawa dom = jarum (Indonesia), dondom berarti kata tindakan atau pekerjaan menggunakan jarum atau bisa disebut pula dengan menjahit. Layar mengandung arti sama seperti bahasa Indonesia --layar yang lebih khusus disini adalah layar yang dipergunakan untuk menggerakkan perahu nelayan.

Seperti yang diketahui, pada era-80-an nelayan banyak menggunakan tenaga penggerak untuk perahu mereka menggunakan layar (ada banyak jenis layar tergantung jenis perahu dan kegunaannya) dan dayung. Tenaga penggerak mesin merupakan momok menakutkan bagi banyak nelayan di pesisir utara Lamongan kala itu. Mulai dari kekhawatiran kalau rusak tisak bisa memperbaiki sampai takut terjadi kecelakaan (dan pada awal mula penggunaan mesin pendorong ini terjadi beberapa kecelakaan yang fatal). Inilah yang membuat layar dan dayung menjadi faktor utama yang harus dijaga kondisi kesiapannya, harus kuat dan bagus.

Bahan layar nelayan saat itu terbuat dari kain (seperti famatex) putih dan tebal dan tersusun dalam beberapa lajur kain rool karena besar dan lebar.

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!