Searching...
Thursday, March 20, 2014

PINDANG LAUT & PINDANG KENDIL

Sesuai dengan namanya Pindang Laut adalah olahan ikan pindang yang dilakukan di laut. Apa bedanya dengan olahan ikan pindang yang biasa kita lakukan di rumah? Jelas beda, .... nanti akan saya lanjutkan.




Catatan kaki :
Pindang laut ini biasa dibikin nelayan saat melaut di atas perahu mereka. Ikan segar yang belum ada 1 jam ditangkap disusun dalam kendil (gerabah/kuali kecil dari tanah liat) diatas potongan jerami. setelah tersusun rapi sampai penuh di siram (di-isi air laut, bukan air tawar) sampai penuh dibibir kendil. Tutup rapat bagian atas kendil yang terbuka dengan daun (pisang/jati) atau plastik. Masak di atas prapen sampai airnya menyusut.

Seperti diketahui, nelayan biasanya melaut dan balik kedarat lagi minimal 5 sampai 15 hari baru kembali, bagaimana dengan pindang tadi? Ya, pindang tadi setiap pagi  dan sore akan disiram air laut dan dimasak sampai airnya menyusut. dan itu dilakukan terus menerus setiap hari sampai mereka kembali lagi ke darat.

Pindang laut punya rasa yang khas dengan tulang yang lunak. Hasil samping dari proses pindang laut adalah Petis Pindang Laut yang sangat khas dan beda dengan petis-petis pada umumnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!